Akhlaq · Hikmah

Bersabarlah Kamu & Kuatkanlah Kesabaranmu


4052347985_0a43e68f4c_oSungguh, sebaik-baik perencana adalah Allah. Maka, janganlah engkau terburu-buru terhadap sesuatu yang telah Allah tunda padahal ingin engkau segerakan. Dan janganlah mengeluh terhadap sesuatu yang Dia segerakan padahal ingin engkau tunda. Boleh jadi apa yang engkau benci adalah sesuatu yang baik bagimu dan apa yang engkau cintai adalah sesuatu yang buruk bagimu. Manusia tiada mengetahui sedangkan Allah Maha Mengetahui.

Dialah Zat yang Maha Tahu akan kebutuhan hamba-hamba Nya. Maka janganlah mengeluh jika dia tidak mengabulkan permintaanmu (keinginanmu). Namun, yakinlah bahwa Dia akan memberikan sesuatu yang terbaik yang engkau butuhkan. Allahlah yang menciptakan manusia dan Dialah yang bertanggungjawab untuk memeliharanya.

Sungguh setiap hari ada nikmat yang diberikan-Nya kepada manusia. Bahkan dibalik hari-hari yang penuh bencana sekalipun. Ketika bumi bergoncang hebat dan kakimu terasa berat. Ketika suara bangunan bergemuruh dan teriakan orang beradu ribut. Tidak ada nikmat yang lebih besar untuk disyukuri selain iman di dada. Tidak ada nikmat yang lebih besar untuk disyukuri selain iman di dada!

Maka, mengapa engkau masih mengeluh terhadap ketetapan-ketetapan-Nya? Padahal tidak sekali-kali orang yang bersabar itu menggugat Tuhannya dengan amarah di hatinya. Karena kesabaran itu tidak terbatas. Sekali lagi, kesabaran itu tidak terbatas. Bukankah engkau telah diperintahkan untuk bersabar di dalam ketaatan? Dan bukankah engkau telah diperintahkan untuk bersabar menjauhi kemaksiatan? Dan engkau pun telah diperintahkan untuk bersabar menghadapi ketetapan-ketetapan-Nya? Maka, minta tolonglah kepada-Nya dengan sabar dan sholat.

Sesakit-sakitnya orang yang kehilangan, lebih sakit lagi orang yang tidak pandai bersyukur. Jika kehilangan sesuatu menyakitkanmu maka ketahuilah, orang-orang yang tidak mampu menerima kenyataan dan mensyukuri apa yang ada tidak akan pernah bahagia.

Ketahuilah, sesungguhnya kita bisa bertahan hidup berminggu-minggu tanpa makanan. Tapi Allah hampir selalu memberimu makanan setiap hari. Dan kita bisa bertahan hidup berhari-hari tanpa air. Namun Allah menolongmu dengan menurunkan hujan. Dan tahukah kamu? Hampir tidak ada manusia yang mampu bertahan hidup selama satu jam tanpa oksigen. Namun Allah membiarkanmu menghirup udara segar setiap detiknya. Maka, nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

Jika hari ini engkau menyesali masa lalumu, maka esok hari pun engkau akan menyesali hari ini jika engkau tidak berbenah. Sungguh Allah Maha luas ampunan-Nya dan Dia membersihkan siapa saja yang Dia kehendaki. Maka, mengapa menyesali kotoran di masa lalu jika hari ini kita bisa membersihkannya? Sungguh Allah menyukai orang-orang yang segera membersihkan diri.

Jika engkau mengkhawatirkan rezeki maka ketahuilah sesungguhnya rezeki itu mengejar seorang hamba bagaikan ajal yang juga mengejarnya. Dan tidaklah ajal itu datang selain telah dicukupkan rezeki kepada seorang hamba. Dan jika engkau khawatir tentang jodoh maka sesungguhnya Dialah yang telah menentukan dan mengatur jodohmu. Maka pantaskah engkau mengeluh dan membenci Zat yang paling pantas untuk dicintai? Dan jika engkau mengkhawatirkan masa depanmu maka sesungguhnya tidak ada kekhawatiran bagi orang-orang yang berserah diri kepada Allah. Dan mereka bukan termasuk kaum yang bersedih hati.🙂

Nafis Mudrika

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s