Sharing

Kepercayaan itu Mahal


Aset Anda yang terpenting adalah orang-orang yang bekerja bersama-sama dengan Anda. Jika mereka puas dan mempunyai kesan positif bekerja dengan Anda, maka mereka akan mempromosikan Anda beserta bisnis Anda. Mereka akan membantu Anda secara sukarela karena mereka percaya pada Anda. Kepercayaan itulah yang mahal, bukan uang.

Sebaliknya, jika mereka kecewa dan tidak puas, mereka dapat memberikan kampanye negatif pada diri Anda maupun bisnis Anda. Mereka akan menghalangi konsumen yang sedianya akan menjadi pelanggan bisnis Anda. Mereka juga akan memberikan referensi negatif bagi orang-orang yang seharusnya mau bekerja pada Anda. Karena sekali lagi, kepercayaan itu mahal dan lebih mahal daripada uang.

Membangun kepercayaan bukan hanya menjadi pribadi yang jujur, amanah, menepati janji, serta berintegritas. Membangun kepercayaan juga berarti bersungguh-sungguh memberikan kebaikan, hal-hal positif, motivasi, perhatian, apresiasi, maupun bantuan lainnya. Keluar dari ego kita dan memuaskan ego orang lain. Semua itu kita dapatkan dengan jalan melaksanakan hal tersebut, bukan hanya memikirkan atau mengatakannya saja.

Membangun kepercayaan terhadap orang-orang yang bekerja dengan kita adalah soal membina hubungan dengan orang-orang tersebut. Hubungan yang mampu melahirkan kepercayaan bukanlah hubungan basa basi semata. Akan tetapi, hubungan yang mampu memenuhi kebutuhan orang-orang tersebut serta melahirkan kepuasan dan kebahagiaan di antara kedua belah pihak.

Terakhir, marilah kita  bangun kepercayaan itu mulai dari sekarang. Kapanpun dan di manapun. Dan jangan biarkan hal-hal egois dan sepele menghancurkan kepercayaan yang sudah cukup sulit kita bangun.

“It takes years to build trust, and a few seconds to destroy it”

One thought on “Kepercayaan itu Mahal

  1. Halo…
    salam kenal…
    wah tulisan2 kak nafis bagus2 bangett.
    saya juga suka nulis, tapi belum bs sebagus tulisan2 kk.
    kalo boleh tau, napa ga aktifkan akun2 fb/twitter lagi???

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s