Sharing

Mengapa banyak orang berbakat tidak loyal dan keluar?


Apakah karyawan keluar untuk mendapatkan gaji yang lebih besar, karier yang lebih menjanjikan, lingkungan kerja yang lebih nyaman, atau karena alasan-alasan lainnya?

Faktanya, banyak karyawan berbakat dengan gaji yang tinggi tetap saja meninggalkan perusahaannya. Mari kita ungkap misteri menarik mengenai rendahnya tingkat loyalitas karyawan dan tingginya tingkat pengunduran diri karyawan.

Gallup Organization telah melakukan penelitian dengan jalan mensurvei lebih dari satu juta karyawan dan delapan puluh ribu manajer yang kemudian dipublikasikan lewat buku First Break All The Rules. Hasil penelitiannya sungguh mencengangkan. Orang sebetulnya tidak keluar meninggalkan perusahaan namun meninggalkan para atasan langsungnya (bisa manajer/direkturnya).

Ya, atasan adalah alasan mengapa orang bertahan dan berkembang dalam organisasi. Mereka pula yang menjadi alasan mengapa orang berhenti bekerja, membawa pengetahuan, teknologi, sistem, rahasia, network dan sebagainya ke luar perusahaan terutama ke pesaing.

Jika Anda punya masalah dengan loyalitas karyawan, maka lihatlah atasannya. Hal ini terkait dengan bagaimana orang diperlakukan dan dihargai, terutama oleh atasannya. Ingatlah bahwa orang tidak selalu bekerja untuk uang. Jika si bos yang buruk suka menghina dan mempermalukan karyawan di depan umum, marah-marah dan menumpahkan emosi, bersikap arogan dan menguasai, berkata: “kamu tidak penting, mudah bagi saya mencari orang-orang yang lebih baik daripada kamu”, terlalu menyalahkan dan mengecam, tidak memberi kepercayaan dan terlalu curiga, terlalu mengontrol, sok tahu dan terlalu campur tangan, atau bahkan membiarkan bawahan menangani suatu masalah sendirian sedangkan dirinya duduk tenang dan tidak mau tahu maka lihatlah keadaan emosi bawahannya. Pasti si anak buah menyimpan bara amarah. Pada kesempatan pertama, kemungkinan dia tidak akan langsung pergi. Akan tetapi di benaknya sudah tertanam pikiran untuk pergi.

Jika hal ini terjadi terus menerus dan tidak ada solusi, maka tidak akan ada kata ampun lagi. Mereka pasti akan mencari pekerjaan yang lain. Seseorang
tidak jatuh pada pukulan yang ke seratus, akan tetapi pada akumulasi 99 pukulan sebelumnya.

Jika seorang karyawan tidak mengungkapkan ketidakpuasannya secara terbuka maka dia akan melancarkan serangan negatif yang justru sangat merugikan perusahaan. Serangan pasif tersebut bisa berupa sikap membandel dan memperlambat kerja, melakukan apa yang diperintahkan saja dan tidak memberi lebih, bekerja biasa-biasa saja dan tidak melakukan yang terbaik, menghancurkan moril dan motivasi rekan kerja, menghambat informasi dan komunikasi, sampai melakukan korupsi serta hal-hal lain.

Nah, ingatlah bahwa pekerja Anda bukanlah aset tetap Anda, akan tetapi dia adalah agen bebas sekaligus aset terbaik dari perusahaan Anda. Jika Anda masih merasa mudah mendapatkan tenaga kerja dan menganggap murah biayanya, maka pertimbangkanlah biaya – biaya berikut ini. Biaya rekruitment, development, training dan sebagainya. Biaya kehilangan klien, relasi, serta network yang dibina oleh orang tersebut. Biaya menurunnya motivasi rekan kerja serta reputasi perusahaan yang buruk. Biaya dalam membangun team kerja yang baru. Biaya bocornya rahasia perusahaan. Biaya ketidakpuasan kerja yang ujung-ujungnya ke pelayanan karyawan yang jelek serta ketidakpuasan pelanggan. Serta yang terakhir, biaya terkabulnya do’a – do’a orang yang terdholimi.

Bukankah berbuat dholim itu bukanlah sifat dan sikap seorang pemimpin yang adil ???
Bukankah jabatan dan gaji yang tinggi itu diikuti oleh amanah dan tanggungjawab yang tinggi pula ???
Bukankah kepada Tuhanmulah semua perkara itu akan kembali ???

Berlaku adillah dan bersikaplah lemah lembut serta perhatikan bagaimana akhlaq Nabi Muhammad S.A.W. dalam mengikat loyalitas para pengikutnya !!!

2 thoughts on “Mengapa banyak orang berbakat tidak loyal dan keluar?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s