Sharing

2012, Game Over?


Ramalan, Film / Movies, Gosip, Blog, Forum dan sebagainya banyak membahas angka 2012, alias mengangkat isu hari kiamat. Apakah benar tahun 2012 bumi akan kiamat? Jawabannya adalah saya tidak tahu dan saya tidak mau percaya ramalan. Sebetulnya, ada pertanyaan penting yang mengusik hati. Mengapa banyak orang begitu peduli (baca = takut) dengan hari kiamat atau ramalan yang mengarah ke sana?

Ada hal yang menarik di sini. Kiamat dalam persepsi kita adalah bencana, akhir, kehilangan, musnah, duka dan seterusnya. Intinya semua hal yang negatif ada di sana. Oleh karena itu, banyak orang takut dan menghindarinya. Ketakutan serta kecemasan timbul ketika sikap dan persepsi kita negatif terhadap suatu objek.

Coba kalau kiamat (termasuk kematian) kita persepsikan sebagai objek yang positif serta sesuatu yang dirindukan. Tentu reaksinya akan berbeda. Bukankah dengan kiamat kita akan segera bertemu dengan Tuhan yang kita cintai? Bukankah dengan kiamat maka keadilan akan segera ditegakkan oleh Tuhan? Bukankah dengan kiamat semua penderitaan dan ketidakadilan di dunia ini akan segera berakhir? Bukankah dengan kiamat kehidupan yang abadi dan lebih baik akan segera terwujud?

Jika kita masih takut dan mencemaskan bencana, kematian serta hari kiamat, maka kita harus introspeksi diri. Sebab ada kemungkinan bahwa kita masih cinta dunia dan takut mati. Yang kedua, kita belum siap mati karena merasa punya banyak dosa. Ketiga, kita tidak punya cukup iman dan bekal amal. Nah, bukankah sekarang ini kita masih punya waktu untuk memperbaiki diri dan mempersiapkan hari akhir?

(Nafis Mudrika)

5 thoughts on “2012, Game Over?

  1. waktu telah menjelma
    menjadi daun daun yang ranggas
    dari hidupku dan hidupmu
    maka mengapa kita masih kagum
    dengan pohon yang kering?

    nice post bro…
    keep inspire another…:)

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s