Sharing

10 Rahasia Sukses


suksesRahasia sukses sebenarnya hanya ada tiga: ikhtiar (usaha), do’a dan tawakal. Namun, untuk menyempurnakan usaha, ada 10 rahasia kesuksesan. Berikut ini sepuluh hal yang dapat menyempurnakan usaha kita:

1. Meninggalkan Rasa Nyaman
Terus-menerus berada dalam kondisi yang aman, nyaman dan terkendali membuat kita terjebak dalam zona nyaman dan rutinitas. Padahal, untuk maju dan sukses kita harus BERUBAH ke arah yang lebih baik tiap harinya. Tidak dapat ditawar-tawar lagi. Hari ini harus lebih baik daripada kemarin. Jika hari ini sama dengan kemarin, maka kita mendapatkan kerugian.

Meninggalkan rasa nyaman adalah salah satu cara untuk berubah menjadi lebih baik tiap harinya. Menghadapai tantangan baru, stress, kecemasan, dan ancaman yang mungkin saja datang akan membangunkan “raksasa” yang tidur dalam diri kita.

2. Menetapkan tujuan
Tanpa tujuan yang pasti dan terukur serta perencanaan yang matang, kemungkinan besar kita akan jauh dari kesuksesan. Ada hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan tujuan ini, yakni indikator keberhasilan. Sebisa mungkin jelas dan terukur namun tidak selamanya harus berupa materi.

3. Fokus
Fokus mengerjakan sesuatu yang HARUS dan BENAR untuk dilakukan SEKARANG. Melakukan apa yang harus dan benar membutuhkan ilmu dan kejernihan nurani. Banyak hal yang baik belum tentu benar untuk dilakukan. Apalagi jika hal itu untuk menuruti kebanyakan manusia yang sebetulnya tidak benar.

Fokus melakukan hal yang benar dan harus dilakukan berarti tidak menunda-nunda dan terjebak dalam bayangan masa lalu. Tidak berangan-angan kosong dan melamun saja. Tapi kerjakan apa yang harus dan benar untuk dilakukan, SEKARANG!

4. Mengejar keutamaan
Bisa lebih baik lagi? Jangan pernah puas dengan hasil yang rata-rata jika kita dapat melakukan sesuatu dengan lebih baik lagi. Melakukan hal yang lebih baik lagi berarti mengejar keutamaan dan kesempurnaan. Walaupun kita tidak akan pernah sempurna dalam hidup ini.

Sempurnakan dengan menambahkan satu hal lagi. Sempurnakan dengan menjadikan hal yang rumit menjadi sederhana dan praktis. Terus sempurnakan dengan meningkatkan kualitas maupun kuantitas hasilnya.

5. Prasangka baik & Sikap Mental Positif
Berprasangka baiklah kepada Alloh! Berprasangka baiklah kepada takdir dan semua yang menimpamu saat ini! Berprasangka baiklah kepada orang lain! Berprasangka baiklah kepada diri sendiri! Berfikirlah bahwa diri kita mampu. Berfikirlah bahwa diri kita kuat. Berfikirlah bahwa diri kita BISA!

Putuskan untuk berhasil. Putuskan untuk sukses! Putuskan untuk bisa menjadi yang terbaik! Putuskan untuk melakukan yang terbaik, apa yang benar dan apa yang harus dilakukan!

6. Sabar
Tidak berputus asa dan terus berjuang. Sabar untuk bertahan. Sabar untuk terus menerus melakukan yang harus dan benar untuk dilakukan.

Termasuk dalam kesabaran ini adalah tidak melakukan hal-hal yang negatif. Menyalahkan orang lain. Menyalahkan lingkungan. Menyalahkan diri sendiri atau bahkan menyalahkan Tuhan.

7. Rendah hati dan memberi
Rahasia terbesar dalam kesuksesan seseorang adalah kesempurnaan akhlaq. Tak ada yang lebih baik dari orang yang rendah hati. Orang yang bersyukur atas nikmat yang dimilikinya. Orang yang tidak sombong di hadapan makhluq maupun khaliq. Orang yang memberi manfaat sebanyak-banyaknya sehingga dia akan mendapatkan manfa’at yang banyak juga.

8. Menjaga kesehatan
Ada hubungan antara kondisi fisik dengan psikis. Anda perlu istirahat yang teratur, cukup berolah raga serta makan makanan yang baik dan halal. Menjaga kesehatan dan kualitas energi kita cukup penting. Kita tidak dapat mengeksekusi rencana kita jika tubuh kita berbaring di rumah sakit. Kita pun tidak akan bekerja dengan optimal jika kita tidak memperhatikan kondisi kesehatan kita.

9. Lingkungan nomor satu
Orang sukses biasanya berkumpul dengan orang sukses. Orang sholeh juga berkumpul dengan orang sholeh. Sebab, lingkungan akan memberi warna dalam kehidupan kita. Jika lingkungannya buruk, maka besar kemungkinan kita akan terpengaruh buruk. Begitu pula sebaliknya.

Punya lingkungan nomor satu bukan berarti membedakan teman. Tapi, mengambil teman dekat atau lebih banyak berinteraksi dengan mereka yang memberikan pengaruh positif.

10. Terus belajar dan menimba ilmu.
Teruslah belajar baik dari teori maupun pengalaman. Teruslah belajar baik dari diri sendiri maupun orang lain. Teruslah belajar baik di sini maupun di tempat lain. Teruslah belajar kapanpun dan di manapun!

(Nafis Mudrika)

2 thoughts on “10 Rahasia Sukses

  1. assalamu’alaykum
    sebenarnya ada satu hal yang sesungguhnya menjadi esensi bagi seluruh yang mungkin nyata ini, yaitu bahwa akan kembali pada esensi semuala yang diciptakan akan tiada ketika hilang dari yang menciptakan. maka yang ada dalam keadaanNya akan memberikan semua kebaikan asal kita berada di jalan yang dituntunkanNya dalam hati

    ‘sesungguhnya Allah berada diantara dirinya dan hatinya” Al anfal

    howdy

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s