Sharing

How to make a new positive habit?


good-habits-bad-habits

“Tanamlah gagasan maka Anda akan mendapatkan sikap. Tanamlah sikap maka Anda akan menuai tindakan. Tanamlah tindakan maka Anda akan memperoleh kebiasaan. Tanamlah kebiasaan maka Anda akan memanen nasib.” Begitulah kira-kira nasehat Stephen Covey, penulis buku The 7 Habit of Highly Effective People.

Jika kita punya kebiasaan baik, maka kemungkinan untuk mendapatkan nasib baik akan semakin besar. Namun, terkadang kita mengalami beberapa kesulitan dalam membuat habit yang baik. Ketidakkonsistenan diri, pengaruh variabel luar yang tak terduga, terkalahkan oleh habit lama yang sudah mendarah daging, serta kebosanan dan kelelahan. Kemudian, bagaimana supaya kita mampu membiasakan diri melakukan tindakan-tindakan yang baik sehingga kita mampu menuai nasib yang baik?

Berikut ini ada 5 tips sederhana yang bisa Anda lakukan;

1. Mulailah dari yang mudah
Jangan mulai dari kebiasaan yang sulit. Mulailah untuk menguasai kebiasaan-kebiasaan baik yang kecil dan mudah dilakukan. Adapun kebiasaan-kebiasaan yang dapat Anda coba adalah: gosok gigi sebelum tidur, bangun tidur jam 4 pagi, cuci tangan sebelum makan, tersenyum setelah bangun pagi, menulis racauan atau diary tiap pagi, membaca buku atau artikel 15 menit sebelum berangkat dan sebagainya.

Anda juga harus punya komitmen yang kuat untuk memulainya. Anda benar-benar bisa menumbuhkan komitmen jika rencana Anda tampak mudah dan mungkin untuk dilakukan.

2. Sebisa mungkin fokus & terukur

Fokuskan untuk menguasai satu kebiasaan saja dalam waktu 21 hari (3 minggu). Misal, bangun tidur jam 4 pagi setiap hari. Jika Anda mampu melakukannya dalam waktu sepuluh hari pertama dan kemudian melanggarnya di hari kesebelas, maka mulailah dari awal lagi. Bersabarlah. Cobalah terus dan jangan pernah menyerah sampai Anda benar-benar menguasainya dan menaklukkan diri Anda sendiri selama 21 hari berturut-turut.

3. Punyailah pengingat & pengontrol

Anda akan lebih mudah menguasai sebuah kebiasaan jika Anda dibantu oleh orang lain. Bagikan rencana Anda dan mintalah bantuan untuk mengingatkan Anda. Jika Anda tidak punya pengingat berupa manusia (pasangan, teman, dsb), punyalah pengingat yang lain seperti peralatan ataupun kertas berisi tulisan rencana Anda yang Anda tempel di tempat-tempat strategis yang mudah dan sering Anda lihat.

4. Hukuman

Anda harus punya mekanisme hukuman jika Anda melanggar rencana atau janji terhadap diri sendiri. Contoh hukuman adalah memungut denda jika melanggar. Buatlah sebuah celengan kecil dari bungkus roti atau apa saja. Jika Anda melanggar, Anda harus memotong uang cash Anda dan memasukkannya ke dalam celengan itu. Besarnya uang denda bisa Anda tetapkan sendiri. Uang yang ada di celengan tersebut dapat Anda sumbangkan atau Anda nikmati sendiri ketika “proyek” Anda sudah selesai.

5. Reward
Anda harus menghargai dan merayakan keberhasilan Anda. Misalkan Anda dapat menguasai kebiasaan baru dalam satu minggu. Nah, dalam satu minggu itu Anda dapat merayakannya dengan menikmati menu spesial kesukaan Anda atau menghadiahi diri Anda dengan membeli hadiah kecil seperti buku baru. Jika Anda berhasil melakukannya dalam waktu tiga minggu, Anda akan mendapatkan hadiah tiga kali.

Itulah lima tips sederhana yang mudah Anda lakukan. Jika Anda merasa sulit dalam melaksanakannya, maka Anda dapat membaca artikel ini lagi atau melihat kembali janji dan rencana Anda sendiri. Nah sekarang, siapkah Anda untuk mencobanya dan menguasai habit baru yang positif?

(Nafis Mudrika)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s