Sharing

5 Budaya Islam yang Mengesankan


alhambrawaterSetidaknya ada 5 ciri budaya Islam yang dahsyat dan mampu membawa orang-orang yang ada di dalamnya mengalami kehidupan yang luar biasa. Adapun kelima ciri-ciri budaya Islam yang dominan dan luar biasa itu adalah:

1. Mengesakan Tuhan

Tak ada tempat bergantung dan meminta selain kepada Alloh, Tuhan yang satu. Semua nilai, aktifitas dan hal-hal lainnya bersumber dari sebuah prinsip; “Tiada Tuhan selain Alloh dan Muhammad adalah utusan Alloh.” Semua urusan berdasarkan ilmu dari Al Qur’an dan Sunnah.

2. Semangat ilmu pengetahuan

Ketika dinasehatkan kepada umat muslim bahwa kunci dunia dan kunci akhirat adalah ilmu, maka bersemangatlah umat ini dalam menuntut ilmu. Apalagi, menuntut ilmu adalah sebuah kewajiban atas diri setiap muslim. Baik laki-laki maupun perempuan. Entah tua ataupun muda.

3. Akhlaq yang mulia

Tak ada yang lebih indah selain mewujudkan keimanan dengan akhlaq Islam yang mulia. Menjadi pribadi-pribadi muslim yang senantiasa mengejar keutamaan sebagai pribadi-pribadi yang tinggi moral budi pekertinya. Baik dalam hal bersikap, perilaku, perkataan maupun kebiasaan mereka. Akhlaq mulia bukan hanya diterapkan terhadap sesama muslim, tetapi juga terhadap kalangan non muslim. Mereka cukup toleran dan tidak mengganggu tempat ibadah ataupun orang kafir yang sedang beribadah.

4. Semangat cita persaudaraan

Sungguh tidak berbeda antara manusia berkulit putih, merah, kuning, coklat dan hitam. Ajaran Islam yang menganggap semua manusia sama di hadapan Tuhan, tidak berkelas kecuali dua hal yang membedakan derajatnya di hadapan Tuhan (ketaqwaan dan ilmu pengetahuan) telah membuat umat ini bersaudara antara satu dengan yang lainnya. Umat Islam mencintai saudaranya seperti mencintai dirinya sendiri. Bahkan melampauinya. Ukhuwah Islamiyah yang mempersatukan umat ini atas dasar keimanan dan keislaman adalah dasar dari pembangunan yang gilang gemilang. Umat Islam pun tolong menolong dan saling menasehati dalam kebaikan dan kesabaran.

5. Semangat Jihad

Umat Islam punya semangat yang menyala-nyala dalam berjihad. Kekhusyukan dan kesungguhan hati dalam beribadah, menjalankan roda perekonomian, profesionalisme dalam bekerja sampai dengan keberanian dan sikap ksatria yang dimiliki umat Islam di medan pertempuran. Mereka rela berkorban dan memiliki keberanian hati ibarat singa yang ditakuti musuh-musuhnya.

Itulah gambaran ringkas lima budaya besar umat Islam yang seharusnya mereka miliki. Jika satu saja dipisahkan dari mereka, maka sungguh akan jauh pribadi-pribadi umat ini dari kebudayaan Islam yang sesungguhnya. Kelima ciri itu sangat menonjol saat Rasululloh ada di tengah-tengah mereka. Lalu setelah itu diteruskan di abad pertengahan. Lalu sedikit demi sedikit hilang dan umat Islam kehilangan budayanya sendiri. Kini, kebangkitan Islam telah diserukan. Mari, kita kembalikan budaya itu!

(Nafis Mudrika)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s