Cara Meningkatkan Prestasi


Bagaimana cara meningkatkan prestasi diri, baik prestasi belajar, prestasi kerja, ataupun prestasi olah raga? Jawabannya adalah kita butuh tiga kunci. Pertama, kenali potensimu. Kedua, latih dan terus latih secara disiplin potensi tersebut. Ketiga, berani berkompetisi untuk membuktikan potensimu.

Kunci pertama wajib kita lakukan. Tanpa pengetahuan yang cukup mengenai potensi diri, kita akan sulit mengembangkan potensi untuk berprestasi. Seulet apapun orang berusaha, pada akhirnya akan kalah sama orang bertalenta yang bekerja keras. Ingat, kerja keras dan terus latihan memang lebih baik daripada bakat bawaan. Tapi orang yang berbakat akan lebih cepat mengukir prestasi jika dia bekerja keras. Ingat, mengenali potensi diri bukan hanya sekedar mengetahui bakat, namun juga menumbuhkan minat, menentukan karakteristik, mencari model yang tepat, strategi latihan dan sebagainya.

Kunci kedua: kerja keras. Latihan, latihan, & latihan. Terus kembangkan potensi yang sudah ditemukan. Ada yang berbakat main bola, bulu tangkis, pelajaran fisika, matematika, menulis, melukis, melawak, dan sebagainya. Potensi tersebut harus terus diasah atau jika tidak hanya akan terkubur dalam diri kita.

Kunci terakhir : kamu harus berani keluar untuk berkompetisi. Prestasi tidak akan ada jika kita tidak mau membuktikannya, right? You must go on! Berani keluar, go public! Kepakkan sayapmu seluasnya! Cari kompetisi sebanyak-banyaknya. Yakinlah suatu saat engkau akan juara.

Namun, ada satu hal yang harus digaris bawahi. Prestasi itu tidak ada artinya dalam hidup kita jika tidak diiringi oleh budi pekerti (moral).

Buat apa segudang prestasi kalau generasi ini tidak berakhlaq? Buat apa ratusan medali emas sea games kalau muda-mudi kita hobi maksiat? Buat apa juga capaian medali-medali emas di olimpiade science kalau orang-orang kita masih suka korupsi? Buat apa trilyunan rupiah digelontorkan untuk prestasi otak ataupun otot tapi Negara mengabaikan prestasi hati ???

Buat apa berakhlaq setan hanya untuk mengejar gengsi bung! Menggelar pesta-pesta mewah di atas penderitaan rakyat! Membeli barang-barang mewah hanya untuk dipamerkan tetangga. Lebih baik tidak kenal gengsi daripada tidak tahu malu !!!

Haiā€¦ pemuda !!! Hidupmu bukan untuk gengsi ! Prestasi juga bukan untuk gengsi !!! Hidupmu adalah untuk memberi manfaat sebanyak-banyaknya. Melayani dan memberi nilai tambah untuk kehidupan ini. Tetap semangat ! Jayalah pemuda Indonesia ! Kualitas kita bukan ditentukan oleh prestasi otot ataupun otak. Tapi oleh ketaqwaan, ilmu dan akhlaq kita !!! Inilah kunci emas terakhir yang menyempurnakan tiga kunci sebelumnya. Akhlaq !!!

About these ads

About Nafis Mudrika

Cool and happy ^ ^
This entry was posted in HowTo, Pengembangan Diri and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

6 Responses to Cara Meningkatkan Prestasi

  1. arif says:

    keren banget thanks ya

  2. g3mbulzone says:

    super wow mas, bagus2 motivasinya
    merendah untuk meroket!!

  3. trima kash mas. ats motivasi yg telah kau beri. .
    ini sangat” menarik..

    thx :D

  4. novia says:

    Thanks mas,,knowledge ini sangat bermanfaat.

  5. Nur hidayah says:

    Kreen
    jdi semangat blajar:)

  6. makasih ya ini sangat bermanfaat bagi saya , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s