3 Cara Mudah Belajar Disiplin


“Discipline is the bridge between goals and accomplishment.” Jim Rohn

Yup! Jim Rohn telah mengatakan hal luar biasa untuk kita. Kecakapan, skill, keahlian, potensi, kepribadian serta semua hal yang kita miliki, tidak akan mengantarkan kita menuju gerbang kesuksesan apabila kita tidak memiliki sebuah jembatan emas bernama KEDISIPLINAN !

Oke, langsung aja ya. Bagaimana supaya kita bisa belajar disiplin dengan mudah? Mungkin kamu akan menjawab “dimulai dari diri sendiri, dari yang terkecil, serta dari sekarang juga !!!” Yes, all right! :) Lalu, bagaimana dengan jawaban operasional alias cara praktis belajar disiplin?

Hmmm… Aku punya 3 tips lucu nih. Penasaran? Aku bagi aja ya;

Belajar disiplin dalam beribadah

Ibadah untuk Tuhan adalah alat efektif belajar disiplin. Sebagai contoh, seorang muslim bisa belajar disiplin dengan sholat di awal waktu. Selain sholat, puasa adalah ibadah bagus dalam mendisiplinkan diri. Dengan berpuasa, minimal belajar disiplin soal makan. Kalau puasanya sudah tingkat tinggi, bukan soal makan aja yang disiplin, tapi juga soal ‘pengendalian diri dari hal-hal yang merusak dan perbuatan sia-sia’.

Contoh lain bagi yang beragama Kristen adalah belajar disiplin pergi ke gereja atau mengikuti kebaktian. Selain itu, masih banyak ibadah lain yang bisa kita gunakan untuk belajar disiplin. Termasuk bagi penganut agama lain. (Hmmm…???) Maksudnya bukan melakukan ritual atau ibadahnya agama lain lho. :) Kurang kerjaan aja. :) Tapi disiplin beribadah sesuai agamanya masing-masing dengan menggunakan ilmu yang benar.

Belajar disiplin dari menepati janji

Siapa yang suka ngaret? He he he. :) Ya. Hampir kebanyakan orang Indonesia suka ngaret alias tidak datang tepat waktu. Soalnya, kalau dipikir-pikir (hmm…), terus dirasa-rasa dengan hati ( … ) :) lebih baik ngaret sih daripada kayak orang hilang nungguin orang lain yang datangnya ngaret :) he he he.

Menepati janji bukan hanya soal datang tepat waktu. Bisa juga soal menyelesaikan tugas tepat waktu (sesuai deadline), melakukan sesuatu sesuai rencana sampai melakukan sesuatu tepat seperti apa yang kita katakan (belajar untuk tidak dusta).

Belajar disiplin dari mengatur hobi

Kamu punya hobi nulis? Baca? Renang? Nge-mall? Atau justru asyik lupa mandi untuk main game? :) Oke…oke… kenapa tidak memanfaatkan hobi ini untuk belajar disiplin? Kalau kamu punya hobi nulis, menulislah satu cerpen atau satu artikel tiap hari :) Nggak usah nunggu mood deh. Cobalah untuk disiplin. Minimal nulis buku harian setiap hari :) Buat kamu yang hobi renang, kamu bisa menjadwal renang seminggu sekali.

Nah, buat sahabat yang hobinya ngegame, :) buat aja jadwal tiap 1 hari main 7 jam (he he he) Nggak ding, kebalik. :) Tiap 7 hari sekali main 1 jam aja. Jadwal yang bagus. Tapi ngelakuinnya pasti bwerrrraaat bangets buat game mania sejati. :)

Yup! Itu aja ya. Kalo kebanyakan malah nggak hapal-hapal. Soalnya banyak hal kecil yang bisa kita manfaatkan untuk belajar disiplin. Dari gosok gigi sampe ngatur uang belanja. :) Yang terpenting, kudu ingat satu hal di bawah ini.

Satu pesan yang tidak boleh dilupakan. “Musuh utama disiplin adalah menunda-nunda.” Sekali lagi,  “Musuh utama disiplin adalah menunda-nunda.”

Mungkin kita akan berfikir untuk melakukannya nanti saja. Besok kan masih ada waktu. Besok aja, pasti selesai. Jadi, besok aja ngerjainnya. :) Wah.. bukannya besok-besok kita juga bisa berdalih, besok aja deh ngerjainnya :)

Ya sudahlah, besok aja dikerjain. Tapi biasanya pasti nggak sempet dikerjain. Kalau pun berhasil dilakukan besok-besok, pasti hasilnya jadi juelek. Tidak sempurna. Penuh nuansa terburu-buru. Emang bener sih, kepepet bisa memaksa kita disiplin. :) Tapi dengan disiplin, kita justru bisa menghilangkan rasa kepepet itu lho :)

“Kalau sekarang sore, jangan menunggu pagi hari. Kalau sekarang pagi, jangan menunggu sore hari. ‘Hiduplah’ hanya untuk saat ini saja. Lakukan apa yang harus kamu lakukan, SEKARANG!”

Jadi, tunggu apa lagi? Lho…? Mengapa masih terus dibaca? :) Kalau ingin belajar disiplin dan menyelesaikan suatu tugas, mulailah dan lakukan sekarang juga! Jangan menunggu dan menunda-nunda lagi! LAKUKAN saja. SEGERA !

(nafis)

About these ads

About Nafis Mudrika

Cool and happy ^ ^
This entry was posted in Pengembangan Diri and tagged , . Bookmark the permalink.

7 Responses to 3 Cara Mudah Belajar Disiplin

  1. dealer pulsa says:

    indonesia ga ngaret malah aneh, inilah budaya kita yang wajib dirubah dimulai dari diri sendiri

  2. ira says:

    tu disoliN yg baik ..akan Gue coba …Thanks

  3. apip64 says:

    semoga bermanfaat tips2 nya gan…………. makasih

  4. DAEL says:

    thats a great solution for me. thanks……

  5. Sky_@Aris says:

    Penyakit Gue tu om…
    thanks om sheringnya!!!
    moga bermanfaat untuk yang punya penyakit kayak gue hehehhee

  6. tqar says:

    3 tipsnya lumayan lucu.. tapi agak beraaat yah :)

  7. Iqbalita says:

    good !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s